Senin, 19 Maret 2018

3 Langkah Mudah Membuat Rak Besi Siku




Besi siku tentu telah menjadi salah satu benda yang terdengar familiar untuk urusan bahan bangunan. Bahannya yang kokoh dan tahan lama membuat besi siku bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal konstruksi bangunan. Berbicara mengenai besi siku, bahan bangunan yang satu ini hampir dijual di segala kota di Indonesia, termasuk di Surabaya, Palembang, Bandung, dan lainnya. Rak besi siku Palembang menjadi salah satu hal yang paling dicari dan sering digunakan banyak orang.


Apa Itu Besi Siku?

Berbeda dengan besi jenis lainnya, besi siku sesuai dengan namanya memiliki bentuk siku. Namun, biasanya besi siku ini lebih sering digunakan untuk pembuatan rak besi siku. Umumnya, besi siku memiliki berbagai macam jenis. Biasanya jenisnya akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan konstruksi. Untuk menemukan berbagai macam besi siku ini, Anda sebaiknya mengunjungi toko atau produsen bangunan yang besar. Di sana, Anda dapat menemukan bermacam besi siku termasuk jenis untuk membuat rak besi siku Palembang. Berikut 3 jenis besi siku yang biasanya ditemui di toko bangunan;


- Besi Siku Lubang

Melihat namanya, jenis besi siku yang satu ini memang memiliki lubang di setiap sisi. Lubang-lubang ini berfungsi sebagai tempat baut atau drat. Lubang tersebut umumnya juga memiliki bentuk siku atau L. Jenis besi siku inilah yang biasanya digunakan untuk pembuatan rak besi siku Palembang dan lainnya.


- Besi Siku Sama Sisi

Jenis besi siku yang satu ini memiliki dua sisi yang sama panjangnya. Kedua sisi yang sama panjang ini membuat besi terlihat seperti huruf L. Dari jenis besi yang lainnya, jenis besi inilah yang paling sering dan mudah ditemui di toko bangunan.


- Besi Siku Tidak Sama Sisi

Jenis besi siku yang terakhir yaitu besi siku tidak sama sisi. Jenis yang satu ini sebenarnya mirip besi siku sama sisi, hanya saja kedua sisinya memiliki panjang yang berbeda. .
Nah, itulah ketiga macam jenis besi siku yang sering digunakan untuk konstruksi bangunan. Besi siku biasanya dijual dengan panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda sesuai kebutuhan pembeli. Selain itu, Anda juga bisa memilih berapa ketebalan besi yang diinginkan. Untuk warnanya, besi siku biasanya memiliki warna putih dan abu-abu. 

Namun, saat ini juga telah banyak produsen yang menyediakan warna lain seperti hijau, merah muda, kuning, dan lainnya. Dari sekian banyak fungsinya, besi siku ini biasanya lebih sering digunakan untuk pembuatan rak besi. Biasanya, rak besi siku bisa ditemukan di toko bangunan atau toko perabotan. Namun, bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri, pembuatan rak besi siku sebenarnya tidak begitu sulit. Berikut tiga langkah mudah pembuatan rak besi siku.


Membuat Rak Besi Siku Secara Mudah

1. Bahan yang Harus Dipersiapkan

Untuk membuat rak besi siku, Anda harus mempersiapkan bahan serta alat yang dibutuhkan. Material pertama yang harus disiapkan tentunya besi siku. Panjang, lebar, tinggi, dan tebal besi siku bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sementara, bahan yang lainnya yang harus dipersiapkan adalah tripleks untuk alas, gergaji, baut, dan meteran. 


2. Cara Pembuatan Rak Besi Siku

Langkah pembuatan rak besi siku sebenarnya sama, baik itu rak besi siku Palembang, Jakarta, Bandung, atau yang lainnya. Pertama, potonglah besi menggunakan gergaji berdasarkan ukuran yang diinginkan. Jika Anda kesulitan memotong besi, saat ini banyak toko bangunan yang menyediakan jasa pemotongan besi. Kedua, rakitlah rak besi dengan menyambungkan setiap sisi lalu rekatkan dengan menggunakan baut. Di langkah yang kedua ini, siku L pada besi bekerja sebagai penguat dari setiap siku di rak besi. Untuk langkah terakhir, Anda tinggal menaruh tripleks sebagai alas. Pastikan tripleks telah dipotong sesuai dengan ukurannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar