Senin, 12 Maret 2018

Begini Cara Membuat Pagar Rumah Sendiri



Membuat pagar merupakan hal yang memang membutuhkan tangan-tangan ahli. Hal ini lantaran pembuatan pagar memerlukan beberapa proses yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki kemampuan dan juga alat pendukungnya. Beberapa bahan pembuatan pagar adalah besi nako embos, kayu, hingga alumunium. Bahan-bahan itulah yang paling sering digunakan oleh para pembuat pagar.



Tips Membuat Pagar Sendiri 

Sebenarnya, Anda bisa membuat pagar sendiri. Hanya ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Beberapa hal tersebut juga bukanlah merupakan sesuatu yang rumit. Anda hanya perlu mengikutinya sebagai sebuah tahapan yang berjalan berurutan. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat pagar Anda sendiri.


1. Pengukuran

Hal ini adalah langkah awal yang sangat penting bagi Anda. Lakukan pengukuran dari berbagai sisi. Anda bisa mulai dari berapa lebar pagar Anda. Lakukan pengukuran terhadap area yang ingin dipagari. Jika Anda ingin memagari seluruh halaman rumah, maka lakukan pengukuran terhadap keliling persegi panjang halaman Anda.

Namun, jika halaman rumah Anda sudah dijepit oleh dua dinding tetangga di kanan dan kiri, maka Anda hanya perlu memagari satu sisi saja. Lakukan pengukuran panjang dengan benar.


2. Perhatikan Faktor Keamanan

Meskipun pagar juga bisa berfungsi menjaga hewan peliharaan Anda atau bahkan anak kecil untuk berlari ke luar rumah, faktor keamanan adalah alasan utama dari berdirinya setiap pagar. Oleh karena itu, jangan melupakan faktor keamanan. Coba perhatikan pagar di sekitar rumah Anda. Seberapa tinggi tetangga Anda membangun pagar mereka? Usahakan untuk membuatnya sama dengan tetangga yang sudah lama tinggal di lingkungan sana karena tinggi pagar mereka adalah hasil dari pengalaman mereka soal keamanan.

Selain itu, perhatikan juga soal kemungkinan bahan yang digunakan. Anda bisa memilih kayu, bamboo, besi nako embos, atau alumunium sebagai bahan pagar Anda. Namun, sesuaikan juga bahan tersebut dengan tingkat keamanan. Jangan membuat pagar yang terlalu mudah dijebol.


3. Desain

Untuk desain pagar, Anda bisa meminta bantuan teman agar tidak usah keluar biaya. Atau, jika Anda memang bisa, mengapa tidak mencoba mendesain sendiri saja? Ada banyak desain sederhana yang aman untuk dijadikan desain pagar modern dan minimalis. Anda tidak perlu berpikir soal desain pagar bermotif kembang dan lain sebagainya, cukup pikirkan soal desain sederhana seperti model jeruji vertical, saling silang, atau model lain.


4. Pembelian

Sekarang, setelah Anda memiliki desain dan ukuran serta ketinggian pagar, saatnya Anda memperhitungkan jumlah bahan yang dibutuhkan. Anda bisa segera melakukan pembelian bahan untuk segera memulai pembuatannya. Ingat, jika jumlah bahan terbilang tanggung (missal panjang kayu atau besi yang dibutuhkan tidak bulat), lebihkan panjangnya ketika Anda membeli untuk menghindari kekurangan bahan.


5. Pembuatan

Pembuatan besi memang membutuhkan las. Oleh karena itu, Anda bisa memanggil tukang las keliling atau tukang las kenalan untuk melakukan proses pengelasan di rumah. Namun, jika bahan Anda terbuat dari kayu, maka Anda hanya perlu merekatkan batang-batangnya dengan paku. Las hanya dibutuhkan bila bahan pagar Anda adalah besi, besi nako embos, atau alumunium.

Bagaimana? Terasa lebih hemat bukan? Anda tidak perlu membayar desain dan juga pengangkutan pagar. Anda hanya perlu menentukan jumlah bahan keseluruhan serta bahan apa yang akan digunakan, apakah kayu, besi, besi nako embos, atau alumunium. Setelah itu, Anda tinggal merakit pagar dengan bantuan ahli yang Anda datangkan ke rumah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar