Jumat, 30 Maret 2018

Bangun atau Beli Rumah, Pilih Mana?


Soal bangun rumah memang terkadang membingungkan. Banyak di antara kita masih merasa ragu untuk memilih yang terbaik di antara keduanya. Membangun rumah sendiri memang bisa mewujudkan rumah impianmu sampai ke detailnya. Namun, keluarga baru ternyata umumnya lebih suka membeli rumah jadi karena tidak mau repot membangun rumah sendiri. Dengan membeli rumah jadi, Anda tidak perlu mencari tahu soal harga besi beton di Palembang atau di kota-kota lainnya soal material penyusun lainnya.

Sebenarnya apa saja sih kelebihan dan kekurangan membangun rumah sendiri dibandingkan membeli rumah jadi? Simak tips berikut ini.


Membangun Rumah Sendiri 


Kelebihan dari membangun rumah sendiri adalah bahwa Anda tidak terikat dengan jadwal pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) proses jadi tidaknya rumah itu ditentukan oleh diri Anda sendiri sebagai sang pembangun.

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah bahwa Anda dapat mendesain ruang-ruang di rumah sesuai keinginanmu. Jangka waktu penyelesaian rumah bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan dan bujetmu.

Sementara itu, membangun rumah sendiri juga punya kekurangan, Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah memeriksa keabsahan lahan yang Anda miliki. Berhati-hatilah dalam mendapatkan lahan dari proses jual beli. Perhatikan surat-surat tanah tersebut dan periksakan ke Badan Pertahanan Nasional (BPN) setempat. Selain itu, Anda juga harus memeriksa peruntukan tanah yang Anda miliki tersebut.

Hal lain yang juga menjadikan pembangunan rumah sulit adalah proses mengumpulkan bahan bangunan. Anda harus pintar-pintar mengumpulkan material sambil mencari harga yang paling murah, sebagai contoh Anda melakukan perbandingan harga besi beton di Palembang dari berbagai toko. Hal itu sebenarnya agak menyita waktu, pikiran, dan juga tenaga.

Selain itu, Anda juga harus menunggu masa pembangunan rumah yang tentunya tidak singkat. Sementara itu, Anda dan keluarga tidak mungkin tidak tinggal dimana-mana. Jadi, Anda harus rela mengeluarkan sejumlah uang untuk kontrakan.


Membeli Rumah Jadi 


Kelebihan dari membeli rumah jadi dari pengembang adalah ketersediaan lingkungan dan fasilitas yang terjamin, mulai dari segi keamanan, kenyamanan, hingga kepraktisan dan keserasian. Hal-hal itulah yang sejauh ini masih melatarbelakangi sebagian besar pembeli rumah jadi. Namun, faktor keamanan merupakan kebutuhan yang pokok bagi penghuni rumah jadi.

Tidak hanya soal kebutuhan pokok, rumah jadi juga banyak fasilitas penunjangnya seperti kolam renang hingga pusat kebugaran. Semua fasilitas tersebut akan sangat memanjakan para penghuni. Jadi, ketika para pembangun rumah sedang memikirkan harga besi beton di Palembang, pembeli rumah jadi sudah menikmati fasilitas dari pengembang.

Dengan membeli rumah, Anda sebagai calon pemilik juga tidak perlu merasa repot-repot dalam memikirkan cara dan prosedur untuk membangun rumah sampai pada soal perizinan. Anda, sebagai calon penghuni, hanya perlu menerima rumah yang sudah siap untuk dihuni. Selain itu, KPR membuat dana yang dibutuhkan tidak besar.

Tentunya, membeli rumah jadi bukan juga tanpa kekurangan. Hal yang menjadi kekurangan dari membeli rumah siap huni antara lain adalah desain ruangan yang mungkin tidak selalu cocok dengan yang Anda idamkan. Sehingga, setelah membeli diperlukan beberapa renovasi. Selain itu, jika Anda tidak cukup teliti, mungkin Anda justru akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk memperbaiki struktur atau instalasi rumah tersebut.

Jadi, pilih yang mana? Membeli rumah jadi mungkin akan membebaskan pikiran Anda dari harga besi beton di Palembang dan hal lain sebagainya. Namun, membangun rumah juga pada dasarnya punya keuntungan tersendiri seperti yang sudah diuraikan. Hal itu akan kembali lagi kepada Anda sebagai calon penghuni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar