Rabu, 03 Januari 2018

Tips Renovasi Rumah Sendiri dengan Biaya yang Hemat



Rumah memang terkadang butuh renovasi. Selain karena kondisinya yang sudah tidak layak huni, Anda mungkin ingin menambah beberapa ruangan baru demi suasana baru. Bahan utama dari renovasi rumah sebenarnya adalah sama dengan pembangunan rumah. Anda membutuhkan bata, semen, bahkan besi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pastikan sebelum Anda memulai renovasi, Anda sudah mencari tahu sedikitnya kisaran harga besi di Palembang dan juga bahan-bahan lainnya.


Tips Renovasi Agar Biaya Tidak Melambung Tinggi 

Wajar saja bila banyak orang takut memulai renovasi. Pasalnya, biaya yang tidak sedikit bisa membuat renovasi berhenti di tengah jalan dan memperburuk penampilan. Nah, berikut ini adalah rangkuman tips-tips renovasi agar biaya tidak melambung tinggi.



1. Tentukan batasan prioritas

Godaan akan timbul ketika sedang dalam proses renovasi. Anda mungkin akan menambahkan detail yang tidak perlu seperti ukiran dinding dan lain sebagainya. Jika Anda tidak fokus pada skala prioritas, biaya yang akan dikeluarkan jadi membengkak. Sedangkan budget yang dimiliki terbatas. Oleh karena itu, tentukan prioritas Anda dari sekarang.


2. Gunakan bahan bangunan dengan harga terbaik

Bahan berkualitas baik akan mencegah Anda dari penambahan biaya yang tidak perlu di kemudian hari dikarenakan perbaikan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, carilah informasi mengenai harga bahan dan juga harga besi di Palembang sebelum memulai renovasi.


3. Pahami konsep dasar renovasi

Ada banyak metode perhitungan budget renovasi yang umum digunakan. Coba Anda cek satu persatu sebagai bahan perbandingan metode mana yang menurut Anda paling tepat untuk diterapkan. Pilih metode yang paling hemat. Setelah itu, Lakukan perhitungan anggaran dengan sangat terperinci dengan cara menghitung volume dan harga dari seluruh pekerjaan. Jika Anda disiplin dalam melakukan ini maka nilai bangunan ini, maka Anda akan bisa menghemat.


4. Rencanakan setiap pengeluaran

Perencanaan biaya merupakan hal yang sangat penting. Bahkan, jika dirasa perlu, Anda bisa berkonsultasi pada ahlinya. Setelah itu, jangan lupa untuk segera memulai pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) harus berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan.

Sebagai contoh cara menghitung besarnya komponen beton, bisa dilakukan dengan membuat perhitungan volume secara satuan isi (m3), dikalikan dengan harga satuan per m3 yang disusun berdasarkan analisis penggunaan material per m3 @Rp/m3. Inilah pentingnya bagi Anda untuk mengetahui harga bahan bangunan, termasuk harga besi di Palembang.


5. Kerja sama dengan Toko Bangunan

Saat ini, ada banyak toko bangunan yang memberikan kemudahan bagi calon pembeli yang akan melakukan renovasi. Cara ini dilakukan dengan memberikan angsuran untuk pembelian material bangunan di toko mereka. Jangan takut untuk bertanya karena kedua belah pihak saling diuntungkan, di mana pembeli bisa mengalokasikan dana renovasi secara bertahap.

Sementara itu, si pemilik toko juga terbantu dengan pembelian stock secara rutin untuk memenuhi target penjualan stock dari supplier mereka. Namun, hal ini tetap memiliki batasan. Pastikan Anda meminta angsuran ini kepada toko yang sudah Anda kenal baik pemiliknya.

Merenovasi memang tampak sulit pada awalnya. Namun, bila sudah dijalani, renovasi sebenarnya tidaklah sesulit yang kita kira pada awalnya. Inti dari renovasi adalah menetapkan tujuan renovasi dan juga disiplin terhadap tujuan itu. Hal tersebut perlu dilakukan semata-mata agar anggaran tidak membengkak hingga renovasi berhenti di tengah jalan lantaran anggaran yang tidak mencukupi harga bahan bangunan atau harga besi di Palembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar